Pages

Jumat, 23 November 2012

Bab 9: Merancang Organisasi yang Adaptif


Lanjut lagi di Bab Selanjutnya Materi Pengantar Bisnis dan Manajemen adalah materi menegenai Bab  9: Merancang Organisasi yang Adaptif. yuk baca artikel ulasan bab 9 ini. Semoga bermanfaat ya...
Definisi Pengelolaan ( organizing ) adalah [enyebaran berbagai sumber daya yang ada di organisasi untuk mewujudkan tujuan strategis. Pengelolaan sumber daya di cerminkan dalam divisi kerja organisasi ke dalam departeme – departemen dan tugas – tugas khusus, garis wewenang redmi, dan mekanisme dalam mengoordinasi tugas – tugas organisasi yang beragam.
Pengelolaan sangat penting karena pengelolaan merupakan langkah berikutnya setelah merancang strategi – topic dari bagian 3.
I. Pengelolaan Struktur Vertikal
Proses pengelolaan nantinya akan menciptakan struktur organisasi, yang akan menentukan bagaimana tugas – tugas yang akan di bagi dan sumber daya yang akan di sebarkan. Struktur organisasi dapat diartikan sebagai :
a) Seperangkat tugas – tugas formal yang di berikan pada individu dan departemen
b) Hubungan pelaporan formal, yang terdiri atas garis wewenang, tanggung jawab dalam mengambil keputusan, banyaknya tingkatan hierarkis, dan cakupan pengendalian manajer, serta
c) Rancangan sistem untuk menjamin terciptanya koordinasi pegawai yang efektif antar departemen
Pengertian Peta Organisasi (organization chart) adalah representasi visual dari struktur organisasi.
Sebuah organisasi dijalankan dengan beragam pekerjaan yang ada, bahwa sebuah pekerjaan dapat di lakukan dengan lebih efisien jika orang – orang melakukannya adalah mereka yang di fokus kan untuk pekerjaan tersebut. Spesialisasi kerja ( work specialization ), yang terkadng juga disebut divisi kerja, adalah kadar yang digunakan untuk membagi – bagi tugas – tugas organisasi menjadi pekerjaan – pekerjaan yang lebih spesifik.


Delegasi adalah proses yang digunakan para manajer untuk mengaalihkan tanggung jawab dan wewenang mereka pada jabatan-jabatan yang lebih rendah dalam hierarki.

Struktur organisasi adalah kerangka kerja dimana sebuah organisasi menentukan bagaimana membagi tugas,menggunakan sumber daya dan mengoordinasikan departemen-departemen.

3 karakteristik wewenang dalam rantai perintah :
a)      Wewenang diemban dalam kaitannya dengan jabatan
b)      Wewenang berlaku untuk bawahan
c)      Wewenang berjalan dari atas ke bawah dalam hierarki vertical

Rantai perintah adalah garis wewenang yang tidak terputus dimana menghubungkan semua orang dalam sebuah organisasi dan menunjukkkan posisi orang-orang tersebut.

perbedaan sentralisasi dengan desentraalisasi :
         Sentralisasi berarti bahwa wewenang daaalam mengambil keputusan dipegang oleh jabatan-jabatan tinggi dalam sebuah organisasi
         Desentralisasi adalah wewenang dalam mengambil keputusan diturunkan pada tingkat-tingkat jabatan yang lebih rendah

Departementalisasi adalah landasan dimana individu-individu dikelompokkan ke dalam departemen-departemen dan departemen-departemen ke dalam organisasi secara keseluruhan.

Struktur fungsional adalah pengelompokan jabatan-jabatan ke dalam departemen berdasarkan keterampilan, keahlian, aktivitas kerja, dan penggunaan sumber daya yang sama.

perbedaaan struktur fungsional dengan struktur divisional
         Struktur fungsional adalah pengelompokkan jabatan-jabatan kedalam departemen berdasarkan ketrampilan, keahlian, aktivitas kerja, dan penggunaan sumber daya yang sama
         Struktur divisional adalah sebuah struktur organisasi dimana departemen-departemen dikelompokkan berdasarkan keluaran yang sama dalam suatu organisas.

kelebihan dari Jaringan Virtual
1)      Bisa mendapatkan keahlian dari seluruh dunia
2)      Sangat fleksibel dan responsif
3)      Biaya tambahan dikurangi 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar