Bab ini adalah bab bahan tes lisan yang pertama setelah UTS. Bab ini menjelaskan sebabgai berikut:
Manajemen Strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan
untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat
kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan
perusahaan.
Strategi adalah rancana tindakan yang menerangkan tentang alokasi
sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi lingkungan, memperoleh
keungggulan bersaing, dan mencapai tujuan perusahaan.
Keunggulan bersaing adalah hal yang membedakan suatu
perusahaan dari perusahaan lain dan memberi ciri khas bagi perusahaan untuk
memenuhi kebetuhan pasar konsumen.
MemanfaatkanKompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah sesuatu yang dilakukan perusahan dengan
sangat baik dibanding pesaingnya. Karena perusahaan memiliki keahlihan yang
tidak dimiliki oleh pesaingnya.
Tiga Tingkatan Strategi :
- Strategi Tingkat Perusahaan
- Strategi Tingkat Usaha
- Strategi Tingkat Fungsi
Perumusan Versus Pelaksanaan Srategi
Perumusan Strategi adalah tahap manajemen strategis yang
melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan
perusahaan, serta membuat rencana strategis spesifik.
Kekuatan dan Kelemahan Internal
Kekuatan adalah karateristik internal positif yang dapat di
manfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya.
Kelemahan adalah karateristik internal yang dapat menghambat
atau membatasi kinerja perusahaan.
Kekuatan dan Ancaman Eksternal
Kekuatan adalah karateristik lingkungan eksternal yang berpotensi
membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strategisnya.
Ancaman adalah karateristik lingkungan eksternal yang menghambat
perusahaan mencapai tujuan stetegisnya.
Unit Usaha Strategis adalah unit perusahaan yang memiliki
misi usaha unik, lini prosuk, pesaing, dan pasar yang berhubungan dengan SBU
lain di suatu perusahaan.
Strategi portofolio adalah gabungan unit usaha dan lini
produk perusahaan yang berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan
keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Matriks BCG
Matriks BCG adalah konsep yang digagas oleh Boston
Consulting Group untuk mengevaluasi dimensi tingkat pertumbuhan usaha dan
pangsa pasar dari unit-unit usaha strategis.
Strategi Diversifikasi
Diversifikasi adalah Strategi beralih ke jenis usaha baru,
seperti yang dilakukan GE di bidang kesehatan, keuangan, dan energi alternatif.
Tujuannya untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka menghasilkan berbagai
barang dan jasa yang berharga.
Lima Kekuatan Kompetitif Porter :
1. Potensi pesaing baru
2. Daya tawar pembeli
3. Daya tawar pemasok
4. Ancaman produk penggnti
5. Persaingan antarkompetitor
Kemampuan Dinamis berarti bahwa para manajer berfokus pada
melakukan lebih banyak upaya peningkatan dan pengembangan dengan memanfaatkan
aset, kemampuan, dan kompetensi yang sudah dimiliki perusahaan guna memperoleh
keunggulan bersaing yang terjaga.
Semoga Bermafaat ya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar