Pages

Jumat, 23 November 2012

Rangkuman Bab 7:Perumusan dan Pelaksanaan Strategi


Bab ini adalah bab bahan tes lisan yang pertama setelah UTS. Bab ini menjelaskan sebabgai berikut:
Manajemen Strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Strategi adalah rancana tindakan yang menerangkan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi lingkungan, memperoleh keungggulan bersaing, dan mencapai tujuan perusahaan.
Keunggulan bersaing adalah hal yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain dan memberi ciri khas bagi perusahaan untuk memenuhi kebetuhan pasar konsumen.
MemanfaatkanKompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah sesuatu yang dilakukan perusahan dengan sangat baik dibanding pesaingnya. Karena perusahaan memiliki keahlihan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya.
Tiga Tingkatan Strategi :
- Strategi Tingkat Perusahaan
- Strategi Tingkat Usaha
- Strategi Tingkat Fungsi
Perumusan Versus Pelaksanaan Srategi
Perumusan Strategi adalah tahap manajemen strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta membuat rencana strategis spesifik.
Kekuatan dan Kelemahan Internal
Kekuatan adalah karateristik internal positif yang dapat di manfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya.
Kelemahan adalah karateristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
Kekuatan dan Ancaman Eksternal
Kekuatan adalah karateristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strategisnya.
Ancaman adalah karateristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan stetegisnya.
Unit Usaha Strategis adalah unit perusahaan yang memiliki misi usaha unik, lini prosuk, pesaing, dan pasar yang berhubungan dengan SBU lain di suatu perusahaan.
Strategi portofolio adalah gabungan unit usaha dan lini produk perusahaan yang berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Matriks BCG
Matriks BCG adalah konsep yang digagas oleh Boston Consulting Group untuk mengevaluasi dimensi tingkat pertumbuhan usaha dan pangsa pasar dari unit-unit usaha strategis.
Strategi Diversifikasi
Diversifikasi adalah Strategi beralih ke jenis usaha baru, seperti yang dilakukan GE di bidang kesehatan, keuangan, dan energi alternatif. Tujuannya untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga.
Lima Kekuatan Kompetitif Porter :
1. Potensi pesaing baru
2. Daya tawar pembeli
3. Daya tawar pemasok
4. Ancaman produk penggnti
5. Persaingan antarkompetitor
Kemampuan Dinamis berarti bahwa para manajer berfokus pada melakukan lebih banyak upaya peningkatan dan pengembangan dengan memanfaatkan aset, kemampuan, dan kompetensi yang sudah dimiliki perusahaan guna memperoleh keunggulan bersaing yang terjaga.

Semoga Bermafaat ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar