Minggu Kedua setelah uts, bab yang
pertama di pelajari dan dipresentasikan oleh bab kelompok ku adalah Bab 1:
Manajemen Inovatif di Masa Sulit.
berikut ulasannya….(management) adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasional.
Definisi ini mempunyai
2 pemikiran penting :
1. Keempat fungsi perencanaan,
pengelolahan, kepemimpinan, dan pengendalian.
2. Pencapaian tujuan-tujuan
organisasional secara efektif dan efisien.
Empat fungsi manajemen
:
1. Perencanaan
2. Pengelolahan
3. Kepemimpinan
4. Pengendalian
Perencanaan (planing) adalah
mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa mendatang
serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk
mencapainya.
Pengelolahan adalah mencakup menentukan tugas,
mengelompokkan tugas, mendelegasikan otoritas, dan mengalokasikan sumber daya
di seluruh organisasi.
Kepemimpinan adalah menciptakan nilai-nilai dan
budaya bersama, mengomunikasikan tujuan-tujuan kepada karyawan di seluruh
organisasi, dan menyuntikkan semangat untuk memperlihatkan kinerja tertinggi
kepada karyawan.
Pengendalian adalah memonitor aktivitas karyawan,
menentukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya dan membuat koreksi jika
diperlukan.
Organisasi(organization) ialah Suatu entitas
sosial yang diarahkan oleh tujuan dan dibangun secara sengaja
Efekvitas organisasi berarti sejauh
mana organisasi dapat mencapai tujuan yang di tetapkan, atau berhasil mencapai
apa pun yang coba dikerjakan.
Efisiensi organisasi adalah jumlah
sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional.
Tanggung jawab terbesar para manajer adalah untuk
mencapai kinerja tinggi, yakni pencapaian tujuan-tujuan organisasional dengan
menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif.
Keterampilan konseptual adalah kemampuan
kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem utuh dan hubungan antar
bagiannya. Mencakup pemikiran, pemrosesan informasi, dan kemampuan perencanaan
manajer.
Keterampilan interpersonal adalah kemampuan
manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain, serta bekerja secara
efektif sebagai anggota tim.
Keterampilan teknis adalah pemahaman
dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu. Mencakup penguasaan metode,
teknik, dan peralatan yang di gunakan dalam fungsi-fungsi tertantu seperti
rekayasa, manufaktur, atau keuangan.
Manajer puncak adalah Manajer
yang berada di tingkat teratas hierarki organisasi dan bertanggung jawab
tarhadap keseluruan organisasi.
Manajer tingkat menengah Manajer yang berada di
tiungkat menengah organisasi dan bertanggung jawab untuk unit-unit bisnis dan departemen-departemen
utama.
Manajer lini pertama Bertanggung
jawab secara langsung terhadap produksi barang dan jasa. Contoh : supervisor,
manajer lini, kepala bagian, dan kepala kantor.
Manajer proyek Bertabggung
jawab untuk proyek kerja temporer yang melibatkan partisipasi orang dari
beragam fungsi dan tingkatan organisasi dan mungkin juga dari luar perusahaan.
Perbedaan horizontal
Manajer fungsional bertannggung jawab bagi
departemen-departemen yang mengerjakan tugas fungsioanl tunggal dan memiliki
karyawan dengan pelatihan dan keterampilan yang serupa.
Manajer lini bertanggung jawab untuk
departemen manufaktur dan pemasaran yang membuat atau menjual barang dan jasa.
Manajer staf bartanggung jawab untuk
departemen seperti keuangan dan sumber daya yang membantu departemen lini.
Manajer umum bertabggung jawab bagi sejumlah
deparmen yang mengerjakan beragam fungsi.
Ciri aktivitas manajerial adalah :
- Keragaman
- Fragmentasi
- Durasi yang singkat
Peran (role) Manajer adalah sejumlah
ekspektasi terhadap perilaku manajer. Tiga kategori konseptual :
- Informasi
- Interpersonal
- Keputusan
Peran informasi adalah berbagai
aktivitas yang di lakukan untuk merawat dan membangun jaringan informasi.
Contohnya peran monitor, peran penyebar luas dan juru bicara.
Peran interpersonal berkenaan dengan
hubungan orang lain dan berkaitan dengan keterampilan interpersonal yang telah
di bahas. Contohnya peran figur, peran pemimpin, peran penghubung.
Peran keputusan berkenaan dengan
barbagai peristiwa yang di dalamnya manajer harus menentukan sikap dan
mengambil tindakan. Contohnya peran penanganan gangguan, peran pengalokasian
sumber daya, peran negosiator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar