setelah bab manajemen inovatif dimasa sulit sekarang aku akan bahas tentang bab Perencanaan marjerial dan Penetapan tujuan.
Tujuan (goal) didefinisikan sebagai kondisi di masa
depan yang di inginkan dan coba diwujudkan oleh perusahaan.
Rencana (plan) adalah cetak biru yang digunakan untuk
mencapai tujuan dan menentukan alokasi sumber daya, waktu, tugas, serta
tindakan lain yang diperlukan.
Manfaat tujuan dan rencana
1. legitimasi
menggambarkan maksud dan alasan keberadaannya.
2. Sumber motivasi dan komitmen
Meningkatkan motivasi dan komitmen pegawai
dengan meminimalisasi ketidakpastian dan memperjelas hal-hal yang mesti mereka
capai.
3. Alokasi sumber daya
Membantu para manajer memutuskan untuk bidang
apa mereka harus mengalokasikan sumber daya, termasuk pegawai, modal, dan
peralatan.
4. Panduan tindakan
Memberi arahan dengan memfokuskan perhatian
kepada target-target tertentu yang mengarahkan upaya pegawai untuk mancapai
sasaran penting.
5. Dasar pengambilan keputusan
Menetapkan tujuan dan melakukan perencanaan,
para manajer memperjelas apa yang hendak dicapai oleh perusahaan.
6. Standar kinerja
Menentukan hasil yang hendak dicapai
perusahaan.
Misi(mission) adalah dasar keberadaan perusahaan,
berada di puncak hierarki tujuan. Misi menjabarkan nilai-nilai, cita-cita, dan
dasar keberadaan perusahaan.
Pernyataan misi(mission statement) adalah gambaran umum tujuan yang membedakan
suatu perusahaan dari perusahaan lain yang sejenis.
Tujuan taktis (tactical goal) yaitu hasil-hasil yang hendak dicapai
oleh divisi-divisi dan departemen-departemen utama di perusahaan.
Rencana taktis (tactical plan) dibuat untuk membantu melaksanakan
rencana strategis utama dan mencapai bagian tertentu dari strategi perusahaan.
Tujuan operasional adalah hasil yang diharapkan dari
departemen, kelompok kerja, dan individu pegawai, bersifat pasti dan terukur.
Rencana operasional disusun di tingkat perusahaan yang lebih
rendah untuk menentukan langkah-langkah dan tindakan-tindakan untuk mencapai
tujuan operasional dan untuk mendukung rencana taktis.
Peta strategi(strategy map) adalah gambaran visual dari
faktor-faktor penting pendorong kesuksesan perusahaan yang menunjukan hubungan
antara tujuan dan rencana spesifik di setiap bidang.
Kriteria tujuan efektif :
- Spesifik dan terukur
- Memiliki jangka waktu yang pasti
- Mancakup hasil-hasil penting
- Menantang terapi realitis
- Dikaitkan dengan imbalan
Manajemen bersasaran adalah sistem yang digunakan oleh
manajer dan pegawai untuk menentukan tujuan bagi setiap departemen, proyek,
maupun personel, serta menggunakan mereka untuk memonnitor kinerja selanjutnya.
Kegiatan utama menyukseskan manajemen
bersasaran, yaitu :
1. Menetapkan tujuan
2. Membuat rencana tindakan
3. Mengevaluasi kemajuan
4. Menilai kinerja secara keseluruhan
Rencana sekali pakai adalahuntuk mencapai sejumlah tujuan
yang kemungkinann tidak berulang di masa depan.
Rencana tetap adalah rencana berkelanjutan yang
memberi panduan melakukan dan mengatasi tugas atau situasi yang terjadi secara
berulang di perusahaan.
Tiga metode perencanaan :
1. Perencanaan kontigensi
2. Pembuatan skenario
3. Perencanaan krisis
Rencana kontigensi adalah respon perusahaan ketika mangalami
kondisi darurat, kemerosotan, maupun situasi tak terduga.
Pembuatan skenario adalah langkah-langkah untuk mengamati
tren dan ketidaksinambungan yang sedang terjadi, serta memvisualisasikan
kemungkinan-kemungkinan yang lebih baikm di masa depan.
Tiga langkah untuk menangani persiapan krisis
:
1. Membentuk tim manajemen krisis dan
juru bicara perusahaan
2. Membuat rencana manajemen krisis
secara terperinci
3. Membangun sistem komunikasi yang
efektif
Departemen perencanaan pusat adalah sekelompok ahli perencanaan yang
melapor secara langsung kepada CEO atau presiden.
Perencanaan terdesentralisasi, yaitu para ahli perencanaan bekerja bersama
para manajer divisi atau departemen utama untuk membuat tujuan dan rencana
mereka sendiri.
Tim intelijen adalah sekelompok manajer dan pegawai
lintas bagian, biasanya dipimpin oleh para ahli mengenai persaingan, yang
bekerja sama untuk mamahami isu bisnis tertentu secara mendalam, dengan tujuan
memberikan pemikiran, kemungkinan, dan saran tentang tujuan dan rencana yang
berkaitan denga isu tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar