Pages

Selasa, 09 Oktober 2012

Pemasaran : Membangun Hubungan dengan pelanggan


sekarang aku mau membahas bab 13 presentasi dari kelompok 3 minggu lalu
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional

Pemasaran (marketing) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual atau organisasional
Evolusi Bidang Pemasaran
Evolusi pemasaran di Amerika Serikat melibatkan 4 era
1. Produksi
2. Penjualan
3. Konsep Pemasaran
4. Hubungan Pelanggan
Era Reproduksi, filosofi umum bisnis adalah “Produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas”, filosofi tersebut logis dan menguntungkan di zaman itu.
Era Penjualan, pada tahun 1920-an bisnis telah mengembangkan teknik produksi massa dan kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekanan pada produksi menjadi penekanan pada penjualan.
Era Konsep Pemasaran, bisnis mengakui kebutuhan untuk bersikap reponsif terhadap konsumen apabila mereka ingin mendapatkan bisnis mereka dan pada tahun 1950-an muncullah filosofi yang disebut konsep pemasaran
Konsep Pemasaran Filosofi bisnis terdiri dari:
1. Orientasi Pelanggan
2. Orientasi Jasa
3. Orientasi Laba
Era Hubungan Pelanggan, di tahun 1990-an dan awal tahun 2000—an, para manajer mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakann konsep manajemen hubungan pelanggan.
Organisasi Nirlaba dan Pemasaran
Bauran Pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran meliputi: produk, harga tempat, dan promosi.
Manajer Pemasaran dan Bauran Pemasaran
Manajer Pemasaran harus memilih cara untuk mengimplementasikan empat program dari bauran pemasaran yang telah disebutkan diatas yang tujuannya untuk menyenangkan pelanggan dan mendapatkan laba.
Merancang Produk untuk Memenuhi Kebutuhan
Produk adalah barang fisik, jasa atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merk.
Uji Pemasaran adalah proses pengujian produk diantara pengguna potensial
Proses Pemasarann dengan empat p yaitu:
1. Menemukan peluang
2. Melakukan penelitian
3. Mengidentifikasikan pasar sasaran
4. Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
5. Melakukan pengujian produk
6. Menentukan nama merk, merancang kemasan, dan menentukan harga
7. Memilih system distribusi
8. Merancang program promosional
9. Membangun hubungan dengan pelanggan
Menentukan harga yang sesuai harga itu tergantung pada beberapa factor, yakni:
1. Memberikan harga lebih rendah untuk menarik bisnis, terutama awalnya.
2. Menawarkan produk berkualitas tinggi untuk penlanggan yang bersedia untuk membayar sedikit lebih banyak.
3. Mempertimbangkan biaya yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi
produk.
Membawa produk ke tempat yang tepat. Tempat adalah p yang ketiga dalam pemasaran. Untuk memutuskan cara terbaik untuk membawa produk kepada konsumen ada 2 cara, yaitu:
1. Memberikan pelayanan terbaik dan kenyamanan pada konsumen
2. Membuat cara yang lebih praktis agar konsumen tidak perlu repot
Faktor dari empat p pemasaran adalah promosi, promosi adalah teknik yang digunakan penjual untuk memotivasi orang-orang membeli produk atau jasa mereka, teknik-teknik itu meliputi: periklanan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, ucapan publisitas, dan berbagai usaha promosi penjualan seperti : kupon, sampel potongan harga, dan transaksi potongan harga.
Memberi Pemasar Informasi
Proses penelitian pemasaran proses penelitian pemasaran ada 4 langkah, yaitu:
1. Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
2. Mengumpulkan data.
3. Menganalisis data penelitian.
4. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
Menejer pemasaran harus mengetahui lingkungan sekitar ketika membuat keputusan bauran pemasaran, pemindaian lingkungan (enviromental scanning) adalah proses pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Faktor-faktor tersebut mencakup:
1. Faktor global
2. Faktor teknologi
3. Faktor social cultural
4. Faktor kompetitif
5. Faktor ekonomi
Dua Pasar yang berbeda: Konsumen dan Bisnis ke Bisnis (B2B)
Ada 2 pasar utama dalam bisnis, yakni:
1. Menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi dan memilik sumber untuk membelinya.
2. Pasar bisnis ke bisnis (B2B) adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasok barang kepada orang lain.
Segmentasi Pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karekteristik yang sama.
Pemasaran Target adalah pemasaran yang ditujukan pada kelompok-kelompok (segmen-segmen pasar) yang diputuskan oleh organisasi yang dapat dilayani dengan menguntungkan.
Menyegmentasi Pasar Konsumen
Tujuannya adalah untuk membagi pasar menjadi unit-unit yang lebih kecil. Berikut macam-macam cara menyegmentasi:
1. Segmentasi geografis
2. Segmentasi demografis
3. Segmentasi psikografis
4. Segmentasi manfaat
5. Segmentasi value atau penggunaan
Faktor penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen meliputi:
1. Pembelajaran
2. Kelompok referensi
3. Kultur
4. Subkultural
5. Ketidakcocokan kognitif
Proses Pengambilan Keputusan, yakni:
1. Pengenalan masalah
2. Pencarian informasi
3. Evaluasi alternative
4. Keputusan pembelian atau tidak ada pembelian
5. Evaluasi pasca pembelian (ketidakcocokan kognitif)

PASAR BISNIS KE BISNIS
Beberpa faktor menjadikan pemasaran B2B berbeda faktor yang lebih penting meliputi:
1. Jumlah pelanggan dalam pasar B2B relatif sedikit, hanya ada sedikit perusahaan konstruksi atau operasi penambangan bila dibandingkan kurang lebih 70 juta rumah di Amerika Serikat.
2. Ukuran pelanggan bisnis relatif lebih besar; berarti, hanya ada sedikit organisasi besar yang bertanggung jawab atas sebagian besar pekerjaan dan produksi berbagai barang dan jasa.
3. Pada B2B cenderung terkosentrasi secara geografis
4. Pembelian bisnis yang sebelumnya dianggap lebih rasional
5. Penjualan B2B cenderung bersifat langsung, tetapi tidak selalu
6. Ada jauh lebih banyak penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B dari pada dipasar konsumen
Pasar, bisnis kebisnis dan pasar, konseumen, perbedaannya dapat dilihat dari segi: struktur pasa, produk, prosedur pembeli.
  semoga ini berguna ya buat kalian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar