Pages

Selasa, 09 Oktober 2012

Bab 9 : Memproduksi Barang dan Jasa kelas Dunia


hai.. kembali lagi di blog ku..
kali ini aku membahas bab 9. bab ini minggu lalu di presentasikan oleh kelompok 4.
selamat membaca ya. semoga bermanfaat..
Apa yang telah dilakukan para pemanufaktur untuk menjadi lebih kompetitif
Yang dilakukan pemanufaktur Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif :
· Berfokus pada pelanggan
· Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
· Mempraktikkan pengembangan yang kontinu
· Berfokus pada kualitas
· Menghemat biaya melalui seleksi tempat
· Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
· Menggunakan teknik produksi yang baru
DARI PRODUKSI KE MANAJEMEN OPERASI
Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan factor-faktor produksi : tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan dan pengetahuan.
Manajemen produksi merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas yang dilakuan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang.  Manajemen operasi adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa.
PROSES PRODUKSI
Form utility adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan produk dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan penggunaan silicon dan pembuatan chip computer atau penggabungan layanan untuk menciptakan paket liburan. Groove kemudian mengatakan bahwa tugas yang ada di sini mencakup tiga syarat dasar produksi :
1. Membuat dan mengirimkan produk sebagai respons terhadap permintaan pelanggan pada waktu pengiriman yang telah ditentukan
2. Memberikan tingkat kualitas yang dapat diterima
3. Memberikan segalanya dengan harga yang serendah mungkin
Manufaktur proses adalah bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan. Proses perakitan adalah bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen. Proses yang berkelanjutan adalah proses produksi dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali. Proses sebentar-sebentar adalah proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin sering di ubah untuk membuat produk-produk yang berbeda
Ø PROSES PRODUKSI
· Manufaktur proses : bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan.
· Proses perakitan :bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen.
· Proses yang berkelanjutan :proses produksi dimana proses produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali –kali.
Ø MANUFAKTUR DAN DESAIN YANG DIBANTU DENGAN KOMPUTER
o Manufaktur yang flexibel : merancang mesin untuk mengerjakan banyak tugas sehingga mesin tersebut dapat mnghasilkan beragam produk.
o Manufaktur yang ramping : produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa.
o Penyesuaian massa : menyesuaikan produk untuk untuk memenuhi kebutuuhan pelanggan individual.
PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
Lokasi fasilitas
Lokasi fasilitas adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan.
Ø Lokasi fasilitas untuk para pemanufaktur
Ø Membawa manajemen operasi ke internet
Ø Lokasi fasilitas di masa depan
Tata ruang fasilitas
Tata ruang fasilitas adalah susunan fisik sumber (termasuk orang-orang) dalam proses produksi
Perencanaan persyaratan bahan
Perencanaan persyaratan bahan adalah system manajemen produksi berbasis computer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dari bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat. Perencanaan sumber persyaratan adalah aplikasi yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka dan pemenuhan pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi.
Pembelian
Pembelian adalah fungsi dalam sebuah perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa.
Control inventaris yang tepat pada waktunya
Control inventaris yang tepat pada waktunya adalah proses produksi dimana inventaris minimum disimpan di dalam gudang serta bagian, persediaan dan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan.
Control kualitas
Kualitas adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan. Kualitas sigma enam adalah ukuran kualitas yang memperkenankan hanya 3,4 kerusakan per juta kesempatan. Control kualitas statis adalah proses yang digunakan beberapa manajer untuk secara kontinu memonitor semua fase proses produksi guna memastikan bahwa kualitas ditambahkan dalam produk tersebut dari awal. Control proses statis adalah proses pengambilan sampel statis dari komponen-komponen produk pada setiap tingkat proses produksi dan menggambarkan hasil-hasilnya di atas grafik.
Standar kualitas
Standar ISO 9000 dan ISO 14000
ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualiats dan standar yang terjamin
ISO 14000 adalah kumpulan praktik terbaik untuk mengelola pengaruh organisasi terhadap lingkungan.
PROSES KENDALI
Evaluasi program dan teknik tinjauan adalah metode untuk menganalisis tugas yang terlibat di dalam penyelesaian proyek tertentu, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas dan identifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek. Jalan penting adalah dalam jaringan PERT, urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian paling lama. Bagan Gantt adalah bagan batang yang menunjukkan kepada manajer produksi proyek yang sedang dikerjakan dan tingkatnya dalam waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar