Pages

Minggu, 23 Desember 2012

one more week we celebrate it


Happy new years !!!

one more week we celebrate it.. 2013 will come!!
Have you make a wish for next year?
I think all of us have done make a lot of good wishes for next year. And don’t forget! Do not just dream and make wishes, Make it happen!!

Moreover I celebrate for new year, I celebrate my birthday..

Happy birthday to me.. Happy birthday to me …. Happy birthday to me …
I hope my wishes About education romantic or many more happen on next year. …

Senin, 17 Desember 2012

Contoh Proposal Kegiatan Kampus


Proposal dibuat untuk mengajukan suatu kegiatan baik itu di lingkungan kampus ataupun di tempat lain. Contoh proposal kegiatan kampus dapat disusun dengan mudah dengan mengikuti aturan penyusunan proposal yang baik dan benar.

Urutan penyusunan proposal kegiatan di kampus dapat dimulai dari pendahuluan kemudian isi dan penutup. Semua isi proposal ditulis dengan rapi dan menggunakan tata bahasa yang baik.

Pendahuluan

Latar belakang
Apa yang melatar belakangi diadakannya kegiatan kampus tersebut. Berbagai latar belakang dapat anda sebutkan asalkan ada kaitannya dan rasional.

Maksud dan Tujuan Kegiatan
Buatlah tujuan kegiatan yang jelas dan mempunyai nilai atau manfaat baik bagi peserta maupun bagi masyarakat kampus pada umumnya.

Dasar Kegiatan
Anda dapat menyebutkan dasar kegiatan seperti UUD45, Pancasila, Arahan Bupati, VisiUniversitas atau jika kegiatan keagamaan anda bisa dasarkan kepada Al Qur'an.

Isi Proposal

Macam kegiatan
Kegiatan apa yang akan dilaksanakan dalam kegiatan kampus tersebut. Anda dapat menyebutkannya dengan acara utama dan acara tambahan secara keseluruhan dari awal sampai penutupan kegiatan.

Peserta kegiatan
Siapa saja yang akan berpartisipasi dalam kegiatan kampus tersebut. Anda tidak perlu terlalu rinci dengan menyebutkan nama peserta, hanya gambaran global saja yang disebutkan.

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan
Penentuan tanggal kegiatan dan tempat pelaksanaan yang telah dirapatkan oleh panitia. Dan jika jadwal terperinci belum pasti karena adanya beberapa persetujuan yang belum tuntas maka anda dapat menuliskannya seperti jadwal rinci pelaksanaan kegiatan akan ditetapkan dan diumumkan kemudian.

Susunan kepanitiaan
Dimulai dari penentuan nama-nama untuk pelindung, penasehat, penanggung jawab dan panitia pelaksana. Dalam panitia pelaksana terdiri dari ketua pelaksana, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi yang dapat membantu kelancaran kegiatan kampus dengan baik.

Estimasi biaya
Rincian estimasi biaya disusun berdasarkan beberapa bagian yang menyangkut pelaksanaan kegiatan kampus. Dari mulai biaya sewa tenda, transportasi, logistik, hiburan dan lain-lain. Juga disertakan sumber dana yang direncanakan untuk membiayai kegiatan kampus.

Penutup

Di bagian penutup ini terdapat beberapa kata ucapan terimakasih dan sedikit kesimpulan dari proposal yang diajukan.

Lembar Pengesahan

Memuat tentang pengesahan berupa tanda tangan dari ketua pelaksana, sekertaris dengan diketahui pejabat yang terkait. Jika dilingkungan kampus dapat mengetahui Dekan atu Rektor Universitas.

Dikutip dari http://blogapaitu.blogspot.com/2011/12/contoh-proposal-kegiatan-kampus.html

Strategi Meningkatkan Penjualan Produk


Produk yang berkualitas tidaklah cukup untuk mendongkrak tingkat penjualan produk anda, banyak faktor yang menentukan dalam sukses tidaknya suatu penjualan. Berikut akan dijelaskan tentang beberapa strategi meningkatkan penjualan produk :

Kenali produk anda
Anda adalah orang pertama yang mengetahui betul tentang produk yang anda jual. Anda harus mengetahui dengan pasti apa kelebihan dan kekurangan, fitur apa saja yang ada, apa yang bisa dikembangkan dan apa yang menjadi kendala dari produk anda. Jadi sebelum melakukan serangan gencar di promosi, kenali dulu dengan baik produk yang akan anda jual sehingga pengetahuan anda tentang produk menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Permudah prosedur pembelian
Buat prosedur pembelian produk yang dapat dilakukan dengan mudah, aman dan nyaman. Pelanggan jangan disulitkan dengan hal-hal teknis yang dapat menghambat poses pembelian produk. Kalau bisa buat beberapa opsi cara pembelian sehingga memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk membeli sesuai keinginan.

Buat promosi yang efektif
Jangan hanya gencar melakukan promosi tapi buatlah promosi yang efektif, yaitu promosi yang mengena langsung kepada sasaran pemasaran. Tentukan segmen pasar mana yang akan anda bidik kemudian tentukan alat promosi yang paling efektif untuk menembus segmen pasar yang telah anda tentukan. Tentunya sangat berbeda pendekatan segmen pasar ibu rumah tangga dengan segmen wanita karir. Jadi jangan boroskan energi anda dengan promosi yang salah sasaran, buatlah promosi yang tembus langsung ke pelanggan yang anda bidik.

Kembangkan fitur produk secara berkelanjutan
Jangan anda matikan inovasi dalam pembuatan produk, tapi tetaplah mencari fitur apa yang bisa anda terapkan dalam produk yang dapat meningkatkan fungsi dan ketangguhan produk anda. Cara yang paling mudah adalah melihat kekuatan pesaing, pelajari dan terapkan kelebihannya dalam produk yang kita miliki.

Kenali strategi pesaing
Anda tidak sendirian dalam memasuki pasar, banyak pesaing yang lebih dahulu masuk kedalam pasar yang anda bidik. Jadi kenali pesaing dengan baik dan terapkan metode terbaik yang anda punya untuk bisa meningkatkan penjualan melebihi pesaing anda.

Dengan melakukan strategi penjualan yang benar maka penjualan produk akan terjadi peningkatkan, teruslah gali strategi-straegi baru karena pasar selalu berubah dan memerlukan cara pendekatan baru yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan produk anda.

artikel ini saya dapat dari http://blogapaitu.blogspot.com/2011/09/strategi-meningkatkan-penjualan-produk.html

Cara Menghindari Kegagalan Bisnis


Bisnis merupakan tempat pertarungan yang sengit antar pelaku usaha, berbagai produk dan layanan dipasarkan dengan gencar ke setiap pasar potensial. Orang yang terjun kedunia bisnis harus mempunyai mental yang kuat supaya bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Beberapa tips sederhana tentang cara menghindari kegagalan bisnis dapat anda simak sebagai berikut :

Kenali segmen pasar
Salah dalam memprediksi kebutuhan pasar maka kegagalan yang besar siap menemui anda dikemudian hari. Kenalilah pasar yang akan anda masuki dengan seksama, dapatkan informasi yang akurat tentang apa kebutuhan pasar, fitur apa yang diinginkan, layanan seperti apa yang diharapkan dan kekecewaan apa yang ada di pelanggan. Penggalian informasi ini bisa dilakukan secara langsung secara personal atau kalau untuk pasar dengan sekala besar anda bisa bekerjasama dengan badan survey untuk mendapatkan data lengkap ceruk pasar yang akan anda bidik.

Buat produk yang menjual
Produk dibuat harus sesuai dengan kebutuhan pengguna, jangan hanya untuk menerapkan inovasi mutakhir tanpa memikirkan keinginan konsumen. Rancanglah dari awal produk anda dibuat untuk menjadi solusi dari masalah yang dihadapi oleh pasar dan penyempurna fitur dari produk sebelumnya. Dengan cara pandang bahwa anda adalah pengguna produk tersebut bukan hanya sebagai penjual maka anda akan dapat membuat produk yang lebih baik dan diterima di pasaran.

Siapkan dana cadangan
Kegagalan dalam bisnis banyak disebabkan karena tidak adanya dana cadangan sehingga ketika situasi berubah sedikit saja maka roda usaha sukses anda langsung terhenti. Mulai sekarang siishkanlah dana talangan yang akan anda pergunakan ketika menghadapi situasi yang memburuk dan mendesak untuk perlu kucuran dana segar bagi kelancaran usaha anda.

Artikel Ini Saya kutip dari http://blogapaitu.blogspot.com/2011/09/cara-menghindari-kegagalan-bisnis.html

Selasa, 11 Desember 2012

BISNIS MERAMBAH KEDUNIA MAYA


Bisnis kini merabah ke dunia maya. Kini Dunia maya menjadi lumbung rejeki yang tak ada habisnya bagi mereka yang kreatif. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis di tahun ini, tak ada salahnya mencermati 10 model bisnis di dunia online berikut ini.


1. eCommerce
Model bisnis ini bisa dikatakan sebagai yang paling potensial. Membangun toko online dan mempromosikannya secara kontinu akan sangat memakan waktu tetapi setelah Anda mengatur semuanya dengan baik dan mulai melihat adanya kenaikan traffic dan penjualan, bisa jadi akan sangat menakjubkan hasilnya. Dan biasanya dipromosikan melalui twitter,facebook,atau lewat blackberry messenger (BBM).Belanja online terus tumbuh dengan pesat setiap tahunnya ,jadi mengapa Anda tidak mencoba sekarang?

2. eBay
eBay adalah cara cepat dapatkan uang. Jual barang-barang Anda yang sudah tak diinginkan di eBay, dan jika ada orang yang berminat membeli dengan harga yang sesuai, Anda bisa dapatkan uang. Namun eBay tidak hanya untuk menjual barang-barang bekas pakai. Banyak orang yang menggunakan eBay untuk membangun bisnis penuh waktu yang sukses dengan menjual barang-barang baru dari para penjual partai besar atau pabrikan besar secara langsung. Sebagai salah satu dari tempat jual beli online terbesar di dunia, eBay dikunjungi jutaan pebelanja online sehingga tak bisa Anda abaikan jika ingin menghasilkan laba dengan relatif cepat dan legal.

3. Blogging
Apakah Anda suka menulis? Apakah Anda menyukai musik, olahraga, gadget atau topik lainnya? Mengapa tidak berbagi kegemaran itu dengan orang lain dan menghasilkan uang pada saat yang sama? Ada begitu banyak peluang untuk menghaislkan uang dari blogging seperti program afiliasi, AdSense, link, banner. dan sebagainya. Namun tentunya Anda harus bersabar karena diperluka waktu dan tenaga untuk menciptakan sebuah blog yang populer. Dan saat itu tercapai, pendapatan yang Anda dapatkan adalah pendapatan pasif yang sudah Anda kerjakan dari beberapa waktu yang lalu.

4. Affiliate Marketing
Jika kita harus memulai dari awal sekarang, kita mungkin akan menyukai model bisnis satu ini. Dengan Affiliate Marketing, semua terasa lebih mudah. Piihlah program yang sudah terpercaya, hasilkan traffic dan dapatkan komis yang dijanjikan. Anda bisa mempromosikan program afiliasi itu dengan menggunakan blog atau situs Anda, jejaring sosial, berkoemntar di forum, YouTube dan banyak lagi yang lain. Semua ini ialah metode traffic gratis dan hanya diperlukan investasi waktu.

5. Offline Consulting
Jika Anda sudah mengalami dunia Internet marketing, inilah saatnya untuk memulai bisnis offline consulting. Jutaan bisnis offline di seluruh dunia mencari cara untuk menarik lebih banyak pelanggan melalui kanal online mereka. Apa yang bisa Anda lakukan? Tawarkan layanan konsultasi umum, pembuatan website , dan profil website social , Google Places, Adwords, dan sebagainya.mayoritas pemilik bisnis offline memiliki hanya sedikit saja pengetahuan mengenai bagaimana onlien marketing bekerja sehingga Anda ingin membayar untuk nasihat pakar!

6. Freelancing
Apakah Anda memiliki ketrampilan yang berharga? Menulis, desain, excel, pemrograman, editing video, dan sebagainya, hanya sebagian dari banyak layanan yang sangat dibutuhkan oleh pemilik situs. Cara termudah untuk mulai menjual layanan secara online ialah dengan menggunakan Fiverr.com, sebuah situs di mana orang berjual beli semua jenis layanan untuk satuan 5 dolar sjaa. Mungkin terdengar sedikit sekali jika ditinjau dari bayaran per pekerjaan tetapi jika satu pekerjaan saja bisa dikerjakan selama 10 menit, bisa dibayangkan berapa banyak yang bisa Anda dapatkan dari layanan seperti ini.

7. Produk informasi
Model bisnis ini bisa dikatakan menjadi yang paling santer saat ini dan bisa diterapkan dalam berbagai ceruk pasar. Jika Anda seorang pakar dalam bidang Anda dan Anda merasa Anda bisa membantu ornag lain dengan memecahkan masalah mereka, mengapa tidak membuat sebuah e-book dan menjualnya di Clickbank.com atau melalui situs Anda sendiri? Selalu ada orang yang mencari panduan, tutorial, manual dan langkah-langkah untuk melaksanakan sesuatu. Pastikan Anda menerbitkan informasi yang berkualitas karena itulah cara untuk bertahan dalam bidang industri satu ini.Bisnis produk informasi ialah contoh utama bagaimana memiliki penghasilan online pasif yang tak terbatas ruang dan waktu karena saat Anda membuat satu produk saja, Anda masih akan terus bisa menjual banyak lagi di masa datang selama informasi itu masih relevan.

Selasa, 04 Desember 2012

Bab 13: Mengelola Kinerja dan Mutu

bab terakhir yang didiskusikan dikelas adalah Bab 13: Mengelola Kinerja dan Mutu. berikut ulasannya...

Manajer harus menyeimbangkan antara motivasi dan kreatifitas
Manajer mengontrol :
  • Proses kerja
  • Perilaku karyawan
  •  Sumber daya keuangan
  •   Profitabilitas

Berikut bentuk umum drai control termasuk kinerja keuangan
  • Penjualan
  • Pendapatan
  • Keuntungan
  • Ada kebutuhan yang berkembang untuk mengukur aspekintangible kinerja
  •  Layanan Pelanggan
  •  Pelanggan Retensi

Karu skor berimbang:
System control manajemen komperhensif yang menyeimbangkan ukuran keuangan tradisional dengan
  • Layanan pelanggan
  • Proses bisnis internal\
  •  Kemampuan organisasi untuk belajar dan tumbuh

Langkah untuk pengendalian control :
  • Membangun standar kinerja
  •  Mengukur kinerja yang ada
  •  Melakukan tindakan yang korektif

Control dan anggaran:
  •  Anggaran laporan bahwa daftar pengeluaran yang direncanakan dan actual
  • Laporan anggaran menyoroti varians antara jumlah yang dianggarkan dan actual
  • Anggaran yang dibuat untuk semua departemen dan divisi dalam suatu organisasi

Jenis-jenis anggaran :
·         Beban anggaran
·         Anggaran pendapatan
·         Anggaran modal

Pengendalian keuangan :
·         Meninjau kinerja dan menyoroti masalah-masalah potensial
·         Paling umum laporan keuangan :
-        Neraca,yaitu menunjukkan posisi keuangan sebuah perusahaan yang berhubungan dengan aktiva dan kewajiban dalam waktu tertentu.
-        Laporan Laba/Rugi yaitu meringkas kinerja keuangan untuk interval, biasanya peeriode satu tahun.
Pendekatan hierarki versus pendekatan desentralisasi:
·         Kontrol hierarki merupakan penggunaan aturan, kebijakan hierarki wewenang dan alat formal lainnya untuk memengaruhi perilaku pegawai dan menilai kinerja
·         Kontrol desentralisasi merupakan penggunaan budaya perusahaan, norma kelompok dan fokus terhadap tujuan daripada aturan dan prosedur, untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen buka-buku
·         Berbagai informasi keuangan dan hasil-hasilnya dengan semua pegawai di organisasi. Tujuan dari manajemen buka buku adalah untuk membuat setiap pegawai berpikir dan bertindak seperti seorang pemillik bisnis.
Manajemen kualitas total (TQM)
·         Komitmen seluruh anggota perusahaan untuk menanamkan kualitas ke dalam setiap aktivitas dengan cara melakukan perbaikan terus-menerus.
Teknik-teknik TQM
Penerapan manajemen kualitas total terdiri atas penggunaan beragam teknik diantaranya
1)      siklus kualitas
2)      tolak ukur
3)      prinsip six sigma
4)      siklus waktu yang berkurang
5)      perbaikan terus-menerus
Tren Dalam Kendali Mutu
Berikut Ini Merupakan Tren Besar Dalam Kendali Mutu
1)      Standar Kualitas Internasional
2)      Sistem Kontrol Keuangan Baru
3)      Pertambahan Nilai Ekonomi (Eva)
4)      Pembiayaan Berbasis Aktivitas (Abc)
5)      Tata Kelola Perusahaan

Ulasan Bab 16: Kepemimpinan


Bab 16: Kepemimpinan. Bab yang dua terakhir yang telah dipresentasikan oleh kelompok lain dikelas. dan disini aku akan memberi sedikit ulasan dari bab 16 ini..
yuk.. baca ulasan ini.. mungkin bermanfaat bagi kamu.. 

A. Hakikat kepemimpinan
Dari semua pemikiran dan tulisan mengenai kepemimpinan, ada tiga aspek yang menonjol : manusia, pengaruh, dan tujuan. Kepemimpinan dijalankan oleh manusia, melibatkan penggunaan pengaruh, dan digunakan untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan didefinisikan sebagai kemampuan untuk memengaruhi orang lain guna mencapai tujuan organisasi.
B. Kepemimpinan masa kini
Konsep kepemimpinan berubah seiring berubahanya organisasi. Teknologi, kondisi ekonomi, kondisi tenaga kerja, serta nilai-nilai social dan budaya sepanjang masa semuanya memainkan peranan. Hal menarik tentang kepemimpinan masa kini adalah “ pendekatan postheroic “ yang mengutamakan tindakan-tindakan subtil, tidak kasat mata, dansering tanpa pamrih dilakukan ssetiap hari oleh para pemimpin, bukan prestasi hebat para pahlawan bisnis kenamaan.
1. Kepemimpinan tingkat 5
Ciri penting tingkat 5 adalah hamper hilangnya ego, dibarengi dengan tekad kuat untuk melakukan yang terbaik bagi organisasi. Berseberangan dengan konsep pemimpin besar sebagai pribadi hebat dengan ego dan ambisi besar, pemimpin tingkat 5 sering pendiam dan apa adanya.
2. Kepemimpinan interaktif
Fokus untuk menekan ambisi pribadi dan membangun potensi orang lain juga merupakan cirri utama kepemimpinan interaktif. Kepemimpinan interaktif berarti bahwa pemimpin lebih menyukai proses konsensual dan kolaboratif, serta pengaruh muncul lewat hubungan, bukan kekuasaan posisi dan kewenangan formal.
C. Karakter kepemimpinan
Berbagai upaya awal untuk memahami kesuksesan kepemimpinan berfokus kepada karakter pemimpin. Karakter adalah cirri pribadi pemimpin yang menonjol, seperti kecerdasan, kejujuran, kepercayaan diri, dan bahkan penampilan. Karakter pribadi mereka, karakter fisik, social, dan yang berhubungan dengan pekerjaan mereka juga diteliti.
D. Pendekatan perilaku
Dua perilaku kepemimpinan utama yang dianggap penting bagi kepemimpinan adalah perilaku berorientasi tugas dan perilaku berorientasimanusia. Kedua metakategori ini, atau kategori perilaku secara luas, terbukti berhubungan dengan kepemimpinan efektif di berbagai situasi dan waktu. Program penelitian penting terhadap perilaku kepemimpinan dilakukan di Ochio State University, University of Michigan, dan University of Texas.
1. Penelitian Ochio State
Para peneliti di the Ochio State University menyurvei para pemimpinuntuk meneliti ratusan dimensi perilaku pemimpin. Mereka mengidentifikasi dua perilaku utama : pertimbangan dan struktur permulaan. Pertimbangan masuk ke kategori perilaku berorietasi manusia dan berarti sejauh mana sang pemimpin memikirkan bawahan, menghargai pikiran dan perassaan mereka, dan membangun rasa saling percaya. Para pemimpin yang penuh pertimbangan bersifat ramah, memberikan komunikasi terbuka, membangun kerja sama, dan berorientasi kepada kesejahteraan bawahan mereka. Struktur permulaan adalah kadar perilaku tugas, yaitu sejauh mana sang pemimpin berorientasi tugas dan mengarahkan pekerjaan bawahannya untuk mencapai tujuan. Para pemimpin dengan gaya ini biasanya memberikan instruksi, menggunakan waktu untuk perencanaan, menekankan tenggat waktu, dan memberikan jadwal pekerjaan yang tegas. Pertimbangan dan struktur permulaan saling terpisah, yaitu yang berarti seorang pemimpin dengan pertimbangan tinggi dapat memiliki struktur permulaan tinggi atau rendah.
2. Penelitian Michigan
Supervisor paling efektif adalah mereka yang mengutamakan kebutuhan manusiawi bawahannya untuk untuk “ membangun kelompok kerja efektif dengan tujuan berkinerja tinggi”. Para peneliti Universitas Michigan menggunakan istilah pemimpin berorientasi pegawai untuk menyebutkan pemimpin yang menetapkan tujuan berkinerja tinggidan menampilkan perilaku suportif terhadap bawahan mereka. Pemimpin yang paling tidak efektif desebut pemimpin berorientasi tugas, yaitu mereka yang cendderung lebih memperhatikan pemenuhan jadwal, penghematan biaya, dan efisiensi produksi daripada pencapaian tujuan dan kebutuhan manusiawi.
3. Kisi-kisi kepemimpinan
Dengan menggunakan hasil penelitian di Ochio State denga Michigan, Blake dan Mouton dari University Texas menggagas teori sdua dimensi yang disebut kisi-kisi manajerial, yang kemudian diubah oleh Blake dan McCanse menjadi Kisi-kisi kepemimpinan.
E. Pendekatan kontingensi
1. Teori situasional Hersey dan Blanchard
-         Karakteristik pengikut dan menentukan perilaku kepemimpinan yang tepat.
-         Mengadopsi salah satu dari empat gaya kepemimpinan
2. Teori kontingensi fiedler
-        Pemimpin menerapkan gaya ke situasi organisasi
-        Adalah situasi yang menguntungkan pada menguntungkan dengan gaya pemimpppin
F. Pengganti kepemimpinan
Pengganti kepemimpinan menyebabkan gaya kepemimpinan menyebabkan gaya kepemimpinan tidak diperlukan lagi. Contohnya, bawahan yang sangat professional yang tahu cara mengerjakan tugas mereka tidak memerlukan pemimpin yang memberitahukan struktur kepada mereka dan yang harus mereka lakukan.
G. Kepemimpinan karismatik dan transformasional
1. Kepemimpinan karismatik dan visioner
Pemimpin karismatik mampu menginspirasi dan memotivasi orang untuk melakukan sesuatu melebihi kemampuannya, meski dihadapkan dengan halangan dan pengorbanan pribadi. Dampak karismatik biasanya muncul setelah :
a. Menyatakan visi mulia yang dirasakan oleh semua pegawai
b. Menampilkan kemampuan memahami dan beremmpati terhadap pengikut
c. Memberdayakan dan memercayai bawahan untuk mencapai hasil
Pemimpin karismatik cenderung sulit ditebak karena mereka menciptakan atmosfer perubahan, dan mereka dapat terobsesi dengan ide-ide visioner yang menggairahkan, menstimulasi, dan mendorong orang lain untuk bekerja keras.
2. Kepemimpinan transformasional versus kepemimpinan transaksional
Pemimpinan transformasional mirip pemimpin karismatik, namun mereka dibedakan oleh kemampuan istimewa mereka untuk memunculkan inovasi dan perubahan dengan mengakui kebutuhan dan kepentingan pengikut mereka, membantu mereka memandang masalah lama dengan cara baru, dan mendorong mereka untuk mempertanyakan status quo. Pemimpin transaksional memperjelas peran dan persyaratan tugas bawahan, memelapori stryktur, membrikan imbalan yang sesuai, dan mencoba memahami dan memenuhi kebutuhan social bawahan. Pemimpin transformasional mampu memimpin perubahan misi, strategi, struktur, dan budaya di organisasi, di samping mendorong inovasi di bidang produk dan teknologi.
3. Kepemimpinan sebagai pelayanan
a. Kepemimpinan abdi
Konsep kepemimpinan abdi yang digagas pertama kali oleh Robert Greenleaf di tahun 1970 ini kembali menerima sorotan selama beberapa tahun belakanan dengan banyaknya perusahaan yang bangkit dari skandal etika dan bersaing untuk menarik dan mempertahankan bakat-bakat terbaik. Pemimpin abdi melampoi kepentingan diri mereka sendiri untuk melayani orang lain dari organisasi. Mereka bekerja pada dua tingkat : untuk pemenuhan tujuan dan kebutuhan bawahan mereka, dan perwujudan tujuan atau misi lebih besar dari organisassi mereka. Pemimpin abdi banyak bekerja di organisasi nonprofit karena memberikan cara alamiah bagi mereka menerapkan dorongan kepemimpinan dan keahlian untuk melayani orang lain.
b. Kepemimpinan moral
Kepemimpinan moral melakukan hal yang benar. Ini berarti memperlihatkan perilaku adil, jujur, baik, dan patut dalam melaksanakan kepemimpinan. Jelas bahwa kepemimpinan moral memerlukan keberanian, yaitu kemampuan untuk menghadapi rasa takut dan bertindak menurut nilai-nilai dan nurani.