Pages

Sabtu, 13 Oktober 2012

Bab 18 : Manajemen Keuangan


Didalam bab ini membahas tentang keuangan perusahaan. Pertanyaannya adalah mengapa perusahaan perlu dana?
Jawaban :
  • Pertemuan pengeluaran bulanan
  • Kebutuhan tak terduga
  • Masalah arus kas
  • Memperluas persediaan
  • Sementara progam promosi.

Dalam bab ini  ada istilah obligasi. Apa itu obligasi?

Obligasi adalah suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Ketentuan lain dapat juga dicantumkan dalam obligasi tersebut seperti misalnya identitas pemegang obligasi, 

Siapa yang menerbitkan obligasi?
  1. Pemerintah bagian pusat dan lokasi
  2. Agen pemerintah pusat
  3. Perusahaan korporasi
  4. Pemerintah dan perusahaan asing

Google IPO
Apa itu google IPO?
Google IPO adlah penawaran saham perdana oleh perusahaan google

Istilah lain di bab ini :
-        CFO : kepala keuangan di bagian perusahaan (posisi atas maneger)
-        CEO : direktur utama

Semoga bemanfaat yaa sedikit artikel bahasan tenteng bab ini.

Artikel bab 11 :Menemukan dan Mempertahankan karyawan terbaik


Karyawan adalah aset perusahaan. Bukan karena keterampilannya saja. Melainkan karena pengetahuannya sekaligus tingkah lakunya yang akan turut memajukan perusahaan. Pendeknya, karyawan adalah segalanya bagi perusahaan untuk tumbuh dan bersaing dalam industri yang semakin kompetitif.Namun, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana mempertahankan karyawan terbaik dalam perusahaan? Berikut adalah dua strategi dalam menerapkan hal tersebut.Biasanya, ada dua alasan terbanyak mengapa seseorang bekerja untuk perusahaan. Alasan pertama adalah mencari penghidupan, dan alasan kedua adalah mengembangkan diri melalui karir. Kedua alasan ini bisa dijadikan pijakan dalam menetapkan remunerasi (sistem penggajian) dan membentuk lingkungan yang tepat untuk karyawan. Keduanya akan mempengaruhi keputusan seseorang untuk tetap bertahan di perusahaan atau tidak. Berikut ini proses mempekerjakan karyawan :
  • Perekrutan
  •  Seleksi. Baik wawancara,investigasi
  • Melatih dan mengembangkan. Seperti orientasi,magang,pelatihan pada pekerjaan,dll
Untuk mengetahui nilai kinerja karyawan, berikut langkah-langkah penilaian kiner :
  1. Menentukan standar
  1.  Standar komunikasi
  1. Mengevaluasi kinerja
  1. Mendiskusikan hasil
  1.  Mengambil tindakanMenggunakan hasil untuk mengambil kesempatan
Jika anda sebagai kepala perusahaan,agar karyawan anda tetap bertahan berikut langkah-langkahnya:
  • Kompensasi
  • Tunjangan tambahan
  • Pembagian pekerjaan
  • Waktu kerja yang fleksibel
  • Berbasis rumah
System dalam membayar karyawan adalah gaji,potongan system bekerja,rencana komisi,rencana bonus,saham piihanSetelah panjang lebar saya menerangkan tentang mempertahankan karyawan,system membayar,menilai karyawan dan proses memperkerjakan karyawan. Pertanyaan inti adalah mengapa mempertahan kan karyawan itu penting ?
Jawabannya adalah pertama : karyawan memberikan keuntungan perusahaan per tahun hingga 40 %. Kedua : rata-rata perusahaan kehilangan $1 juta pada saat kehiangan 10 karyawan meneger. Ketiga : memberikan biaya 50%-100% dari gaji mantan karyawan pertahun. 


Selasa, 09 Oktober 2012

Sekilas Tentang ku

Hello..
Nama ku Rivanti Santiara Dewi. Nama panggilan ku Rivanti. NIM ku 2012310753.Aku anak pertama dari 2 bersaudara.
Aku lulusan dari SMAN 20 Surabaya. Dan sekarang aku meneruskan pendidikan ku di Stie Perbanas, di sana aku mengambil progdi (program studi) S1 Akuntansi.Aku keterima di sini yang pasti aku gak keterima di Universitas Negri,walaupun ini adalah pilihan terakhir pilihan ini sangat tepat, atau istilahnya aku tersesat di jalan yang benar. 
Oh ya mata kuliah jurusan akuntansi salah satunya adalah Pengantar Bisnis dan Management.Dan aku membuat blog ini untuk memenuhi nilai tugas PengantarBisnis dan Management. Tugas ini mengharuskan saya untuk selalu meng-upload mengenaisekilas dan hal-hal yang baru aku tau tentang materi yang sudah dipresentasikan oleh teman-teman di kelas.
Sekian dulu ya sekilas tentang ku.

Bab 9 : Memproduksi Barang dan Jasa kelas Dunia


hai.. kembali lagi di blog ku..
kali ini aku membahas bab 9. bab ini minggu lalu di presentasikan oleh kelompok 4.
selamat membaca ya. semoga bermanfaat..
Apa yang telah dilakukan para pemanufaktur untuk menjadi lebih kompetitif
Yang dilakukan pemanufaktur Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif :
· Berfokus pada pelanggan
· Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
· Mempraktikkan pengembangan yang kontinu
· Berfokus pada kualitas
· Menghemat biaya melalui seleksi tempat
· Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
· Menggunakan teknik produksi yang baru
DARI PRODUKSI KE MANAJEMEN OPERASI
Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan factor-faktor produksi : tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan dan pengetahuan.
Manajemen produksi merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas yang dilakuan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang.  Manajemen operasi adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa.
PROSES PRODUKSI
Form utility adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan produk dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan penggunaan silicon dan pembuatan chip computer atau penggabungan layanan untuk menciptakan paket liburan. Groove kemudian mengatakan bahwa tugas yang ada di sini mencakup tiga syarat dasar produksi :
1. Membuat dan mengirimkan produk sebagai respons terhadap permintaan pelanggan pada waktu pengiriman yang telah ditentukan
2. Memberikan tingkat kualitas yang dapat diterima
3. Memberikan segalanya dengan harga yang serendah mungkin
Manufaktur proses adalah bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan. Proses perakitan adalah bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen. Proses yang berkelanjutan adalah proses produksi dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali. Proses sebentar-sebentar adalah proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin sering di ubah untuk membuat produk-produk yang berbeda
Ø PROSES PRODUKSI
· Manufaktur proses : bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan.
· Proses perakitan :bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen.
· Proses yang berkelanjutan :proses produksi dimana proses produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali –kali.
Ø MANUFAKTUR DAN DESAIN YANG DIBANTU DENGAN KOMPUTER
o Manufaktur yang flexibel : merancang mesin untuk mengerjakan banyak tugas sehingga mesin tersebut dapat mnghasilkan beragam produk.
o Manufaktur yang ramping : produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa.
o Penyesuaian massa : menyesuaikan produk untuk untuk memenuhi kebutuuhan pelanggan individual.
PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
Lokasi fasilitas
Lokasi fasilitas adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan.
Ø Lokasi fasilitas untuk para pemanufaktur
Ø Membawa manajemen operasi ke internet
Ø Lokasi fasilitas di masa depan
Tata ruang fasilitas
Tata ruang fasilitas adalah susunan fisik sumber (termasuk orang-orang) dalam proses produksi
Perencanaan persyaratan bahan
Perencanaan persyaratan bahan adalah system manajemen produksi berbasis computer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dari bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat. Perencanaan sumber persyaratan adalah aplikasi yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka dan pemenuhan pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi.
Pembelian
Pembelian adalah fungsi dalam sebuah perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa.
Control inventaris yang tepat pada waktunya
Control inventaris yang tepat pada waktunya adalah proses produksi dimana inventaris minimum disimpan di dalam gudang serta bagian, persediaan dan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan.
Control kualitas
Kualitas adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan. Kualitas sigma enam adalah ukuran kualitas yang memperkenankan hanya 3,4 kerusakan per juta kesempatan. Control kualitas statis adalah proses yang digunakan beberapa manajer untuk secara kontinu memonitor semua fase proses produksi guna memastikan bahwa kualitas ditambahkan dalam produk tersebut dari awal. Control proses statis adalah proses pengambilan sampel statis dari komponen-komponen produk pada setiap tingkat proses produksi dan menggambarkan hasil-hasilnya di atas grafik.
Standar kualitas
Standar ISO 9000 dan ISO 14000
ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualiats dan standar yang terjamin
ISO 14000 adalah kumpulan praktik terbaik untuk mengelola pengaruh organisasi terhadap lingkungan.
PROSES KENDALI
Evaluasi program dan teknik tinjauan adalah metode untuk menganalisis tugas yang terlibat di dalam penyelesaian proyek tertentu, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas dan identifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek. Jalan penting adalah dalam jaringan PERT, urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian paling lama. Bagan Gantt adalah bagan batang yang menunjukkan kepada manajer produksi proyek yang sedang dikerjakan dan tingkatnya dalam waktu tertentu.

Pemasaran : Membangun Hubungan dengan pelanggan


sekarang aku mau membahas bab 13 presentasi dari kelompok 3 minggu lalu
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional

Pemasaran (marketing) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual atau organisasional
Evolusi Bidang Pemasaran
Evolusi pemasaran di Amerika Serikat melibatkan 4 era
1. Produksi
2. Penjualan
3. Konsep Pemasaran
4. Hubungan Pelanggan
Era Reproduksi, filosofi umum bisnis adalah “Produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas”, filosofi tersebut logis dan menguntungkan di zaman itu.
Era Penjualan, pada tahun 1920-an bisnis telah mengembangkan teknik produksi massa dan kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekanan pada produksi menjadi penekanan pada penjualan.
Era Konsep Pemasaran, bisnis mengakui kebutuhan untuk bersikap reponsif terhadap konsumen apabila mereka ingin mendapatkan bisnis mereka dan pada tahun 1950-an muncullah filosofi yang disebut konsep pemasaran
Konsep Pemasaran Filosofi bisnis terdiri dari:
1. Orientasi Pelanggan
2. Orientasi Jasa
3. Orientasi Laba
Era Hubungan Pelanggan, di tahun 1990-an dan awal tahun 2000—an, para manajer mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakann konsep manajemen hubungan pelanggan.
Organisasi Nirlaba dan Pemasaran
Bauran Pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran meliputi: produk, harga tempat, dan promosi.
Manajer Pemasaran dan Bauran Pemasaran
Manajer Pemasaran harus memilih cara untuk mengimplementasikan empat program dari bauran pemasaran yang telah disebutkan diatas yang tujuannya untuk menyenangkan pelanggan dan mendapatkan laba.
Merancang Produk untuk Memenuhi Kebutuhan
Produk adalah barang fisik, jasa atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merk.
Uji Pemasaran adalah proses pengujian produk diantara pengguna potensial
Proses Pemasarann dengan empat p yaitu:
1. Menemukan peluang
2. Melakukan penelitian
3. Mengidentifikasikan pasar sasaran
4. Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
5. Melakukan pengujian produk
6. Menentukan nama merk, merancang kemasan, dan menentukan harga
7. Memilih system distribusi
8. Merancang program promosional
9. Membangun hubungan dengan pelanggan
Menentukan harga yang sesuai harga itu tergantung pada beberapa factor, yakni:
1. Memberikan harga lebih rendah untuk menarik bisnis, terutama awalnya.
2. Menawarkan produk berkualitas tinggi untuk penlanggan yang bersedia untuk membayar sedikit lebih banyak.
3. Mempertimbangkan biaya yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi
produk.
Membawa produk ke tempat yang tepat. Tempat adalah p yang ketiga dalam pemasaran. Untuk memutuskan cara terbaik untuk membawa produk kepada konsumen ada 2 cara, yaitu:
1. Memberikan pelayanan terbaik dan kenyamanan pada konsumen
2. Membuat cara yang lebih praktis agar konsumen tidak perlu repot
Faktor dari empat p pemasaran adalah promosi, promosi adalah teknik yang digunakan penjual untuk memotivasi orang-orang membeli produk atau jasa mereka, teknik-teknik itu meliputi: periklanan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, ucapan publisitas, dan berbagai usaha promosi penjualan seperti : kupon, sampel potongan harga, dan transaksi potongan harga.
Memberi Pemasar Informasi
Proses penelitian pemasaran proses penelitian pemasaran ada 4 langkah, yaitu:
1. Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
2. Mengumpulkan data.
3. Menganalisis data penelitian.
4. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
Menejer pemasaran harus mengetahui lingkungan sekitar ketika membuat keputusan bauran pemasaran, pemindaian lingkungan (enviromental scanning) adalah proses pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Faktor-faktor tersebut mencakup:
1. Faktor global
2. Faktor teknologi
3. Faktor social cultural
4. Faktor kompetitif
5. Faktor ekonomi
Dua Pasar yang berbeda: Konsumen dan Bisnis ke Bisnis (B2B)
Ada 2 pasar utama dalam bisnis, yakni:
1. Menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi dan memilik sumber untuk membelinya.
2. Pasar bisnis ke bisnis (B2B) adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasok barang kepada orang lain.
Segmentasi Pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karekteristik yang sama.
Pemasaran Target adalah pemasaran yang ditujukan pada kelompok-kelompok (segmen-segmen pasar) yang diputuskan oleh organisasi yang dapat dilayani dengan menguntungkan.
Menyegmentasi Pasar Konsumen
Tujuannya adalah untuk membagi pasar menjadi unit-unit yang lebih kecil. Berikut macam-macam cara menyegmentasi:
1. Segmentasi geografis
2. Segmentasi demografis
3. Segmentasi psikografis
4. Segmentasi manfaat
5. Segmentasi value atau penggunaan
Faktor penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen meliputi:
1. Pembelajaran
2. Kelompok referensi
3. Kultur
4. Subkultural
5. Ketidakcocokan kognitif
Proses Pengambilan Keputusan, yakni:
1. Pengenalan masalah
2. Pencarian informasi
3. Evaluasi alternative
4. Keputusan pembelian atau tidak ada pembelian
5. Evaluasi pasca pembelian (ketidakcocokan kognitif)

PASAR BISNIS KE BISNIS
Beberpa faktor menjadikan pemasaran B2B berbeda faktor yang lebih penting meliputi:
1. Jumlah pelanggan dalam pasar B2B relatif sedikit, hanya ada sedikit perusahaan konstruksi atau operasi penambangan bila dibandingkan kurang lebih 70 juta rumah di Amerika Serikat.
2. Ukuran pelanggan bisnis relatif lebih besar; berarti, hanya ada sedikit organisasi besar yang bertanggung jawab atas sebagian besar pekerjaan dan produksi berbagai barang dan jasa.
3. Pada B2B cenderung terkosentrasi secara geografis
4. Pembelian bisnis yang sebelumnya dianggap lebih rasional
5. Penjualan B2B cenderung bersifat langsung, tetapi tidak selalu
6. Ada jauh lebih banyak penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B dari pada dipasar konsumen
Pasar, bisnis kebisnis dan pasar, konseumen, perbedaannya dapat dilihat dari segi: struktur pasa, produk, prosedur pembeli.
  semoga ini berguna ya buat kalian..

Kamis, 04 Oktober 2012

memilih untuk kepemimpinan bisnis

Bab dua yang aku ulas di blog ini adalah Memilih untuk kepemimpinan Bisnis

Ini aku akan menjelaskan beberapa
tapi Cuma sekilas aja ya..

Perusahaan Kepimilikan Tunggal itu ada keuntungan sama kerugian nya
loh..

Keuntungan :

1. Kemudahan untuk memulai dan mengakhiri bisnis tersebut
2. Menjadi atasan anda sendiri
3. Kebanggan atas kepemilikan

selain mempunyai keuntungan juga ada kerugian. kerugiannya adalah :

1. Kewajiban tidak terbatas, adanya resiko kerugian pribadi.
2. Sumber daya finansial yang terbatas.
3. Kesulitan manajemen



KEUNTUNGAN PERUSAHAAN REKANAN :

1. Lebih banyak sumber finansial
2. Manajemen bersama dan ketrampilan dan pengetahuan gabungan/komplemeter


KERUGIAN PERUSAHAAN REKANAN :

1. Kewajiban tidak terbatas
2. Pembagian laba
3. Perselisihan antara rekanan


Koorporasi

KORPORASI (corporation) : Badan usaha atau badan hukum yang sah

Contoh :

Ø  General
Motors

Ø  IBM

Ø  Exxon

Ø  General
Electric

Ø  Microsoft

Ø  Walt-Mart

Ada lagi nih istilah korporasi S..

Apa sih itu ?

korporasi S adalah Kreasi peerintah yg unik yg terlihat seperti korporasi,
tetapi dipajaki seperti perusahaan kepemilikan tunggal dan perusahaan rekanan.

KEUNTUNGAN WARALABA

  Bantuan manajemen dan pemasaran

  Kepemilikan pribadi

  Nama yang dikenal secara nasional

KERUGIAN WARALABA

  Biaya awal yang besar

  Laba yang dibagi

  Regulasi manajemen


Kalo kamu belum kenal istilah
korporasi pasti awal nya kamu kira koperasi deh.. soalnya aku sendiri juga gitu
sih.. hehehe..

Koperasi
itu artinya asosiasi orang-orang
yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip-prinsip Koperasi,
sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar         dengan
biaya yang rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara
demokratis oleh anggotanya.

bertujuan untuk menjadikan kondisi sosial
dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan
sebelum bergabung dengan Koperasi.
Sudah tau kan
bab Memilih untuk kepemimpinan Bisnis itu mbahas
tentang apa.

Sudah dulu ya.. terima kasih sudah berkunjung di blog
ku..
See you bye.. bye.. bye..